Chatbot : Masa Depan Dunia Pemasaran

Posted by 3Motion on Jul 17, 2019

Chatterbot atau biasa dikenal dengan nama Chatbot adalah program komputer yang dirancang sedemikian rupa agar dapat menampilkan simulasi percakapan digital antara manusia dengan software. Melalui Chatbot, berkembanglah berbagai macam karakter digital yang dapat kita temui seperti Vira (BCA), Sabrina (BNI), dan Mita (Bank Mandiri) sebagai pihak yang akan kita cari pertama kali ketika ada keperluan tertentu khususnya terkait pelayanan konsumen.

 

Perkembangan Chatbot

Chatbot merupakan salah satu produk perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI). Keberadaannya sendiri sudah tercetus sejak tahun 1950 berkat ilmuwan Alan Turing. Pada awalnya, Chatbot hanyalah berupa software yang tidak memiliki identitas khusus. Namun, seiring perkembangan zaman telah diperkenalkan konsep terbaru yaitu dengan ‘memanusiakan teknologi’. Sehingga, fitur Chatbot saat ini telah memiliki identitas sendiri layaknya manusia.

Fitur Chatbot pada saat ini juga ikut mempertimbangkan aspek psikologi konsumen, dimana kualitas jawaban yang diberikan oleh software akan ikut diperhitungkan dari segi interaksi antar pihak. Selain itu, pencocokan jawaban melalui fitur ini tidak lagi hanya fokus pada penalaran namun juga ikut mempertimbangkan estetika penulisan kata.

 

Kebutuhan Efisiensi Dalam Dunia Pemasaran

Dunia pemasaran sendiri tentu akan sangat erat kaitannya dengan peta persebaran minat para konsumen dalam sektor nya masing-masing. Khususnya dalam membina hubungan dengan konsumen, kecepatan respon menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan guna meningkatkan engagement, pemahaman akan produk, serta menghadapi keluhan pelanggan dengan cepat. Oleh karena itu, keberadaan Chatbot pun perlahan menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis.

Disamping itu, Chatbot juga memudahkan konsistensi pemilik bisnis untuk dapat menjawab pertanyaan konsumen secara tepat sasaran. Algoritma dalam sistem akan bekerja membentuk pola-pola tertentu sehingga akan menciptakan persebaran respon yang setara serta tepat sasaran antar konsumen.

 

Integrasi Chatbot Dalam Dunia Pemasaran

Menurut Warta Ekonomi, penggunaan Chatbot dapat diperhitungkan sebagai suatu kebutuhan dikarenakan faktor efisiensi, efektivitas petunjuk yang diberikan, urgensi bimbingan tepat sasaran, dan durasi yang lebih lama dari waktu operasional kerja. Alasan tersebut dapat menjadi aspek diferensiasi bagi perusahaan agar lebih kompetitif dalam bidangnya masing-masing. Tidak hanya untuk konsumen lama, namun juga untuk menarik konsumen baru dalam pasaran produk.

 

Oleh sebab itu, sekarang merupakan saat yang tepat untuk mengembangkan kualitas website dan aplikasi perusahaan agar memiliki kualitas responsif dan efektif dengan penggunaan media Chatbot. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi https://www.3motion.co.id/#about untuk pilihan spesifikasi pelayanan dan pertanyaan lebih lanjut terkait Chatbot.

 

Share This Article