Transformasi Logo Gojek

Posted by 3Motion on Jul 24, 2019

Pada tanggal 22 Juli 2019, PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau lebih dikenal dengan nama Gojek melakukan perubahan pada logo perusahaannya. Perubahan logo dari ikon awal brand yang berupa pengendara motor menjadi bentuk tombol on/off dalam bentuk terbalik. Walaupun dari segi warna tidak berubah, namun ada beberapa pertimbangan khusus atas transformasi logo ini.

 

Mengangkat Nilai Inklusivitas Pada Desain Logo

Perubahan atas desain logo memerlukan pertimbangan yang matang karena tidak hanya sekedar berbicara mengenai mengganti seluruh logo menjadi logo baru (kuantitas) tetapi juga kualitas. Ditambah lagi, logo lama GO-JEK yang mengusung lambang pengemudi ojek telah cukup melekat di benak publik, khususnya pengguna. Lantas, apakah pertimbangan dari perusahaan untuk kemudian mengganti logo tersebut?

CEO Gojek Grup, Nadiem Makarim mengatakan bahwa transformasi logo Gojek diilhami oleh keberhasilan dan kesuksesan brand-nya dalam menjadi platform terdepan di Asia Tenggara. Selain itu, pertimbangan ekspansi brand yang sudah cukup masif dan tidak hanya terbatas pada layanan transportasi ojek online juga menjadi alasan dibalik perubahan logo tersebut. Beberapa data yang dipaparkan oleh pihak perusahaan menunjukkan bahwa Gojek telah berhasil meningkatkan transaksi layanan dalam rentang bulan Juni 2016 hingga Juni 2019 hingga 1.100 persen dari biasanya dan mampu mengembangkan koneksi ke 60 ribu mitra layanan di wilayah Asia Tenggara.

 

Sinkronisasi Perusahaan Dengan Perkembangan Zaman

Fenomena perubahan logo yang terjadi pada Gojek memang belakangan sering terjadi dalam dunia bisnis di beberapa tahun terakhir. Jika ditelaah lebih jauh, perubahan atau transformasi logo haruslah memerhatikan segi kuantitas dan kualitas yang ingin ditampilkan perusahaan dan efektivitasnya dalam menjadi media yang merepresentasikan perusahaan untuk menghadapi perkembangan zaman. Akan lebih baik pula jika dalam merencanakan desain logo baru, perusahaan masih mempertahankan beberapa aspek dari logo lama baik dalam bentuk simbol atau warna. Sehingga, masyarakat awam yang sudah akrab dengan logo lama tidak kesulitan untuk kembali mengindentifikasi brand tersebut.

Dalam menyiapkan rencana untuk melakukan perubahan logo perusahaan, diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai aspek branding serta konsultasi dengan pihak yang ahli untuk menentukan desain yang tepat untuk menjadi logo yang baru. Agar dapat memahami lebih lanjut mengenai strategi transformasi logo perusahaan, dapat mengunjungi https://www.3motion.co.id/#about untuk memilih pelayanan yang tepat untuk anda serta untuk konsultasi terkait desain perubahan logo.

 

 

Share This Article