Tren Web Series Dalam Dunia Pemasaran

Posted by 3Motion on Jul 31, 2019

Setidaknya sejak tahun 2017, tren pembuatan konten dalam bentuk web series menjadi semakin masif di kalangan perusahaan. Iklan jenis web series adalah suatu produk komersiil yang dikemas menjadi beberapa episode guna memasarkan produk. Karena popularitasnya semakin tinggi, banyak judul konten web series yang dibuat guna menarik pengguna atau konsumen seperti Ada Apa Dengan Cinta (LINE Indonesia), Janji (Tropicana Slim), dan Cerita Cinta Dalam Kereta (Tokopedia). Kira-kira, apa yang menyebabkan masyarakat cenderung lebih berminat pada konsep web series?

 

Perkembangan Web Series

Pada umumnya konten web series banyak tersebar di Youtube. Terlebih menurut penelitian Katadata, Youtube sudah merajai tangga jejaring sosial di Indonesia sebagai aplikasi nomor 1 dengan pengguna aktif terbanyak pada tahun 2019. Banyak konsumen yang suka menghabiskan waktunya di Youtube karena kontennya cenderung lebih ringan dan menarik karena dikemas dalam bentuk video. Sehingga, publikasi campaign di media sosial ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi pemilik bisnis.

Durasi dari web series sendiri umumnya menghabiskan sekitar 10 hingga 15 menit per episodenya. Menurut beberapa sumber seperti Daily Social, dipercaya bahwa tren ini semakin membludak sejak Malam Minggu Miko diminati oleh banyak pengguna Youtube. Oleh karena itu, ada banyak judul web series yang dapat kita temukan saat ini dan bisa dipilih sesuai selera. Bahkan, beberapa perusahaan berani menggandeng aktor dan aktris terkenal di Indonesia untuk ikut mewujudkan konsep web series yang diinginkan.

 

Kebutuhan Sarana Hiburan Bagi Pengguna Media Sosial

Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat cenderung meninggalkan kebiasaan menonton televisi dan lebih tertarik dengan aplikasi media yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun atau media yang menawarkan layanan streaming video sebagai alternatif hiburan bagi mereka. Hal ini menyebabkan web series terkenal dalam berbagai lapisan masyarakat karena konsep ceritanya yang unik, mudah diakses, dan tidak terkesan asal buat.

Tren web series memberikan perspektif baru pada dunia pemasaran, tidak hanya sekedar mengiklankan produk tetapi juga dapat memberikan sarana hiburan tersendiri bagi penontonnya. Web series adalah contoh media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk dengan metode soft selling (metode penjualan dengan cara sehalus mungkin), sehingga penonton cenderung tidak mengabaikan publikasi videonya karena alasan sekedar iklan.

Untuk memahami mengenai tren ini, anda dapat mengunjungi website kami di https://www.3motion.co.id/#about untuk merencanakan konsep web series atau memilih pelayanan tepat untuk menjawab kebutuhan perusahaan anda.

 

Share This Article