Memahami Digital Creative Agency

Posted by 3Motion on Aug 08, 2019

Ungkapan ‘serupa tetapi tak sama’ dapat menggambarkan hubungan antara digital creative agency dengan creative agency. Walaupun secara garis besar tujuan keduanya yantuk mengoptimalkan potensi pemasaran produk, tetapi tentu ada aspek yang membedakan keduanya. Perbedaan keduanya terutama terletak pada jenis media yang digunakan. Digital creative agency lebih banyak memanfaatkan media digital sebagai kanal utama seperti website, aplikasi, search engine, dan sebagainya. Di sisi lain, konteks media dalam creative agency lebih luas dan tidak ada batasan spesifikasi tertentu. Lalu, bagaimanakah aplikasi dari digital creative agency ini khususnya dalam pemasaran?

 

Digital Creative Agency di Era Globalisasi

Digital creative agency semakin berkembang pesat dan banyak diminati karena mampu menawarkan Return Of Investment (ROI) yang cukup tinggi, materi kreatif yang lebih beragam, serta pemanfaatan beragam channel media pemasaran (channel mix) yang lebih luas. Sebelum digital creative agency sepopuler sekarang, traditional agency menjadi solusi pilihan dan lebih memanfaatkan media offline seperti billboard atau pamflet iklan.

Kini, digital creative agency melakukan pendekatan digital seperti optimalisasi search engine, artikel pemasaran, dan membangun konsep konten pemasaran atau marketing strategy. Bahkan, sudah ada cukup banyak digital creative agency yang menggabungkan offline media dengan pendekatan digital guna memaksimalkan pemasaran.

 

Potensi Digital Indonesia

Masih seputar digital, Kompas merilis bahwa Indonesia memiliki potensi digital yang cukup menjanjikan dengan waktu rata-rata akses internet berkisar di angka 4-7 jam setiap harinya. Ini berarti, masyarakat Indonesia bisa menghabiskan hampir sepertiga waktunya dalam sehari untuk mengakses internet – membuat pemasaran digital sebuah langkah logis yang harus diambil oleh brand.

Dengan semakin masifnya penggunaan internet di Indonesia, memaksimalkan aset digital yang dimiliki adalah pilihan yang tepat bagi perusahaan atau brand agar bisa terus bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Penggunaan internet yang masif juga berpengaruh pada audiens. Kini, audiens bisa menerima paparan informasi dalam jumlah yang jauh lebih signifikan dan dalam bentuk yang lebih beragam, serta dapat mencari informasi lebih spesifik. Didukung dengan algoritma dan reach media sosial, brand bisa dengan mudah menjangkau audiens dari berbagai segmen.

Potensi digital tersebut dapat dioptimalkan melalui penyusunan strategi pada channel media digital. Menggunakan media digital dapat memberi gambaran akurat dan terkini mengenai statistik terkait penjualan produk. Selain itu, perusahaan akan lebih mudah memetakan persebaran minat konsumen dengan lebih efektif.

 

Urgensi Pemanfaatan Digital Creative Agency

Optimalisasi aset atau media digital milik brand dapat dicapai melalui kerjasama dengan digital creative agency. Pemanfaatan jasa digital creative agency dapat menjadi solusi untuk memberikan rekomendasi serta implementasi yang sesuai dengan keinginan pemilik bisnis, tanpa harus langsung turun tangan mengurus banyak detail alias micro managing. Selain itu, digital creative agency juga dapat menawarkan insights beragam terkait aspek pemasaran yang relevan dengan tren masa kini.

Untuk memahami mengenai digital creative agency, anda dapat mengunjungi website kami di https://www.3motion.co.id/#about untuk konsultasi lebih lanjut atau memilih pelayanan tepat untuk menjawab kebutuhan perusahaan anda.

 

Share This Article