Yuk, Jaga Aset Digital Pelanggan Anda!

Posted by 3Motion on Sep 05, 2019

Sejak tahun 2003, tanggal 4 September dikenal sebagai Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas). Hari yang dicetuskan oleh Handi Irawan ini bertujuan untuk membakar semangat perusahaan-perusahaan dalam melambungkan tingkat kepuasan para pelanggannya. Berbagai promo, diskon dan kegiatan activation diselenggarakan pada Harpelnas. Salah satu yang paling populer adalah aksi para CEO dan direktur turun ke lapangan untuk melayani pelanggan secara langsung.

Sumber: haripelanggan.com

Sumber: haripelanggan.com

Ada banyak sekali faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, seperti kualitas produk, kualitas pelayanan, suasana hati pelanggan saat berbelanja, harga, kemudahan berbelanja, dll. Salah satu faktor kepuasan pelanggan yang semakin menjadi pusat perhatian di pasar digital masa kini adalah keamanan aset digital pelanggan. Dengan maraknya kasus kebocoran data belakangan ini, perusahaan yang memikirkan keamanan aset digital pelanggannya mendapatkan nilai tambah di pasar, karena dianggap mampu membangun trust.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa digunakan untuk melindungi aset digital pelanggan Anda:

 

Layered Authentication

Authentication adalah sebuah metode konfirmasi identitas, biasanya menggunakan password atau pertanyaan personal yang jawabannya hanya diketahui oleh sang pemilik identitas.

Layered Authentication adalah proses konfirmasi berangkap, bisa berlangsung sebanyak dua atau tiga kali, contohnya seperti account password dan OTP yang digunakan dalam proses transaksi M-Banking.

Sumber: cdn.searchenginejournal.com 

 

Biometric Scanning

Biometric scanning adalah cara mengidentifikasi dan mengonfirmasi identitas seseorang dengan membandingkan karakteristik unik orang tersebut dengan database. Ada yang bentuknya scanning sidik jari, titik biometrik di wajah, serta retina.

Teknik scanning retina adalah salah satu teknologi biometrik yang paling terkenal, banyak kita jumpai di film-film Hollywood, seperti Star Trek, Batman, Mission: Impossible, Charlie’s Angels sampai The Avengers.

Sumber: insights.samsung.com

 

Gadget Finder

Dengan Gadget Finder, konsumen yang pelupa atau sering kecurian tidak perlu khawatir. Mereka bisa menemukan gadget-nya dengan mudah. Beberapa contoh Gadget Finder adalah Find My Device dari Google Play Protect, Find My Mobile dari Samsung, serta Find My dari Apple Inc.

Sumber: support.apple.com 

 

Recovery System

Recovery System akan memulihkan server ke status pengoperasian sebelum kegagalan hardware atau sistem operasi terjadi, sehingga pelanggan/user tidak perlu mengulang proses atau pekerjaan dari awal.

Sumber: lifewire.com 

 

Not Secure Warning

Peringatan “Not Secure” yang muncul di address bar menandakan bahwa koneksi ke halaman yang bersangkutan tidak terjamin keamanannya. Seluruh informasi yang dikirim dan diterima melalui halaman itu berpotensi untuk dicuri, dibaca, atau dimodifikasi oleh hackers atau entitas apapun yang memiliki akses internet.

Sumber: wired.com 

Masih ada banyak fitur pelindung aset digital pelanggan lainnya. Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional tahun ini, sudah saatnya bisnis Anda menggunakan atau mungkin membuat salah satunya. Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai fitur pelindung aset digital, mari hubungi 3Motion di sini.

 

3Motion.co.id

Beyond Creative

Share This Article