Teknologi, Traveling & Turisme: Bukti Kesuksesan Inovasi, Digitalisasi & Sosialisasi

Posted by 3Motion on Sep 26, 2019

Seberapa pesat perkembangan industri travel & turisme dunia? Tercatat tahun 2018 kemarin, pertumbuhan industri ini naik 3.9% dari tahun sebelumnya. Industri travel & turisme merupakan industri dengan pertumbuhan tercepat kedua di dunia, tepat di belakang industri manufaktur yang tumbuh 4% pada tahun 2018.

Sudah satu dasawarsa industri travel dan turisme melampaui kecepatan pertumbuhan ekonomi global (3.2%), dan di Indonesia sendiri, industri ini berkontribusi 10.4% dari total GDP. Melihat ke belakang, pertumbuhan ini tentunya tidak lepas dari teknologi yang semakin memudahkan segala proses dan persiapan traveling sendiri.

 

Everything is Mobile: Semua Serba Simpel

One-stop traveling apps menyediakan layanan lengkap mulai dari informasi seputar tempat tujuan, pemesanan hotel, informasi dan promosi akomodasi, pemesanan tiket pesawat sampai ke boarding pass – semua dilakukan secara online dan mudah. Sehingga, segala sesuatunya dapat dikelola dengan lebih nyaman oleh para traveler kapan pun, di mana pun.

Pembayaran? Tidak perlu ditanya. Inovasi sistem pembayaran serba digital memungkinkan kita untuk datang ke bandara, memesan tiket, hotel dan akomodasi, melakukan pembayaran saat itu juga lalu langsung menuju gerbang keberangkatan. Tanpa perlu print tiket dan lain sebagainya – lebih hemat waktu dan ramah lingkungan karena bebas polusi kertas.

Kemudahan juga dirasakan ketika mengunjungi berbagai destinasi yang sudah mengadopsi pembayaran elektronik atau electronic payment. Tidak perlu lagi kerepotan membawa uang tunai yang banyak saat bepergian. Pembayaran elektronik berarti pengeluaran tercatat dan harga ketika transaksi pun transparan.

Kemudahan yang muncul berkat inovasi teknologi tidak terbatas pada pemesanan tiket dan hotel saja.  Beberapa penyedia layanan travel bahkan sudah mulai mengadopsi AI untuk pelayanan – chatbot menjadi layanan cepat dan instant untuk menghadapi berbagai pertanyaan pengguna. Chatbot adalah bentuk digitalisasi layanan dan informasi yang ikut menyempurnakan kemudahan bagi pengguna.

Hadir pula berbagai inovasi mobile apps lain yang memudahkan segala aktivitas selama bepergian. Maps yang kini kian ramai informasi seputar event, destinasi wisata dan opsi mode transportasi. Ada pula language apps yang mendobrak dinding bahasa demi kemudahan komunikasi selama bepergian. Aplikasi online transport yang memanjakan pengguna untuk sightseeing, dan masih banyak app lainnya.

Semua orang bisa bepergian saat ini juga, mendatangi destinasi wisata bermodal smartphone sebagai co-pilot digital.

 

Travel: Hype & Culture

Teknologi saat ini bukan hanya memberi kemudahan bagi traveler, tapi turut mendukung pesatnya perkembangan industri traveling dan turisme dengan menyebarluaskan hype serta budaya traveling.

Tengok saja ribuan akun media sosial yang menobatkan diri sebagai traveling influencer dengan feed dan highlights di Instagram yang penuh dengan dokumentasi traveling ke berbagai destinasi, belum lagi hashtag tiap destinasi wisata.

Sosialisasi traveling sebagai gaya hidup dambaan juga didukung oleh penyedia layanan travel. Dukungan itu berupa promosi harga terjangkau dan digital campaign dalam skala besar.

Ada pula penyedia trip independen yang menyediakan paket wisata lengkap selama belasan hari bahkan berminggu-minggu untuk mengelilingi berbagai negara di berbagai benua. Di dalam negeri, trip domestik pun tak mau kalah – hotel dan maskapai masing-masing memiliki campaign yang bertujuan untuk menarik para traveler.

Tanpa perkembangan teknologi digital seperti media sosial, traveling hype tidak akan sebegitu besarnya dan budaya traveling tidak akan seperti sekarang. Digital campaign, baik dari apps, hotel, maskapai maupun destinasi wisata, tidak akan bisa mencapai jutaan audiens seperti yang kita tahu. Perkembangan teknologi dan digital nantinya tentu akan terus mendukung industri ini. Pastikan bisnis Anda ikut mendapatkan dampak positifnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan, pengembangan, dan strategi aplikasi dan konten digital, hubungi 3Motion di 3motion.co.id atau hello@3motion.id.

 

3motion.co.id

Beyond Creative

 

Share This Article