Mengangkat Isu Kesehatan Mental, Strategi Positif Digital Marketing

Posted by 3Motion on Oct 10, 2019

Kemajuan teknologi informasi yang diiringi kebebasan berpendapat sangat rentan disalahgunakan untuk melakukan aksi cyberbullying atau penindasan yang memanfaatkan perangkat komunikasi digital. Tak boleh dianggap remeh, tindakan pelecehan, penghinaan, dan pencemaran nama baik di dunia maya dapat berdampak buruk pada kondisi psikologis seseorang. Buktinya? Kasus depresi berujung bunuh diri akibat cyberbullying telah banyak terjadi.

Beruntung, kesadaran publik akan pentingnya menjaga kesehatan mental telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Beragam topik tentang gangguan kejiwaan, seperti depresi, stres, trauma, dan delusi telah beralih menjadi topik yang umum dibicarakan di ranah publik. Sophie Turner, Lady Gaga, Emma Stone, dan Pangeran Harry adalah beberapa tokoh yang berani membuka masalah kesehatan mental yang mereka alami ke media.

Banyak brand telah ikut pula berpartisipasi dengan membuat berbagai kampanye digital yang mengangkat isu terkait. Walau bisa dikategorikan sebagai strategi pemasaran yang efektif mendongkrak perhatian konsumen, gerakan yang dilakukan brand-brand tersebut juga berpotensi memperluas pemahaman dan kesadaran publik akan kesehatan mental.

Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Mental Sedunia, berikut ini adalah beberapa brand yang telah berhasil menyelaraskan produknya dengan isu kesehatan mental.

 

Burger King

Pada bulan Mei lalu, Burger King meluncurkan paket menu baru bernama Real Meals yang terdiri dari lima pilihan kotak, yaitu Pissed Meal, Blue Meal, Salty Meal, YAAASS Meal, dan DGAF Meal. Tidak semata untuk menyaingi Happy Meal milik McDonald’s, Burger King mencoba menyadarkan pelanggan bahwa “No one is happy all the time. And that’s ok”. Pelanggan pun didorong untuk lebih berani dalam mengekspresikan suasana hatinya.

 

Fenty Beauty

Banyak wanita berkulit gelap merasa tidak percaya diri karena adanya standar kecantikan yang sering diidentikkan dengan warna kulit putih. Di tengah standar yang telah diyakini secara luas ini, Fenty Beauty sukses membuat gebrakan dalam lini makeup dengan menawarkan banyak pilihan warna pada produknya, sehingga kebutuhan makeup semua wanita dengan warna kulit apapun dapat terpenuhi.

 

Mirinda

Pada tahun 2017, Mirinda meluncurkan sebuah film pendek berjudul #ReleaseThePressure yang mengisahkan berbagai kesulitan yang dialami remaja pada umumnya. Film pendek ini sengaja dibuat untuk membuat para orang tua sadar bahwa memberi tekanan akademis pada anak dan membandingkannya dengan anak lain dapat menyebabkan depresi.

 

Tidak hanya efektif menarik konsumen, strategi pemasaran dengan mengangkat isu kesehatan mental dapat memicu kepedulian publik, memecah stigma negatif terhadap pengidap, dan bahkan menginspirasi pengidap untuk tidak ragu mencari bantuan profesional. Tertarik ikut meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental di dalam konten pemasaran brand Anda? Hubungi 3Motion di 3motion.co.id atau hello@3motion.id!

 

3motion.co.id

Beyond Creative

Share This Article