Transformasi Digital di Era Industri 4.0

Posted by 3Motion on Oct 17, 2019

Saat ini, masifnya perkembangan digital membuat manusia sulit untuk lepas dari teknologi. Wajar saja, hampir semua kebutuhan dapat terpenuhi oleh perangkat dalam genggaman. Mau pesan makanan tanpa lama? Manfaatkan aplikasi Gojek atau Grab. Mau belanja tanpa repot? Gunakan situs jual beli online.

Kemudahan ini pun meningkatkan ekspektasi konsumen akan produk dan layanan yang serba cepat dan praktis. Dengan berevolusi menjadi lebih modern, perusahaan dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga kerja dengan hasil yang lebih optimal. Oleh karenanya, melakukan transformasi digital sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan merupakan salah satu kunci sukses bagi setiap perusahaan agar terus dapat bersaing di dunia bisnis era Industri 4.0.

(Source: IDGESG Network)

Pembaharuan yang berorientasi digital pada sebagian besar cakupan bisnis, mulai dari perlengkapan teknologi hingga keahlian sumber daya manusia, menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan masa kini. Apalagi biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Meski begitu, hal ini tidak menjadi halangan bagi perusahaan yang memang ingin meningkatkan kinerja melalui pembaharuan ini. Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang telah berhasil memaksimalkan bisnis dengan bertransformasi secara digital.

Lalu, inovasi apa saja yang bisa difasilitasi untuk mencapai produktivitas maksimal?

 

Mobile Technology

(Source: ILabQuality)

Mobile technology adalah istilah yang mengacu pada berbagai jenis teknologi komunikasi, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi ini telah berkembang pesat dan menghadirkan berbagai apps yang mendukung pekerjaan menjadi lebih mudah. Teknologi ini menyumbangkan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis, seperti efisiensi komunikasi antara konsumen dan perusahaan, serta kemudahan dalam bertransaksi.

 

Artificial Intelligence (AI)

(Source: coe-dot-int)

Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi terkait pemrograman yang membuat komputer atau mesin bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia dalam mengumpulkan informasi dan mengambil tindakan. Oleh karenanya, kegiatan yang biasa diselesaikan dengan intelektual manusia, seperti berinteraksi dengan konsumen, mempelajari pola pembelian, dan mengakses data, dapat dengan mudah digantikan.

 

Cloud Computing

(Source: DQIndia)

Teknologi yang menggabungkan kemampuan perangkat komputer dan jaringan internet untuk melakukan aktifitas yang berhubungan dengan data ini mulai digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia, seperti DealPOS dan Telkom.

Dengan menerapkan cloud computing, semua data, aplikasi, dan software, yang pada umumnya disimpan di komputer, dapat disimpan di server internet, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu untuk pengadaan dan perawatan server berbentuk fisik. Asal terhubung dengan internet, data sudah bisa diakses.

Masih ada banyak inovasi teknologi lainnya yang dapat diadopsi untuk mengikuti perkembangan pasar. Sudah saatnya bisnis Anda ikut melakukan transformasi digital, di antaranya dengan mengembangkan aplikasi dan konten digital untuk website dan social media. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan, pengembangan, dan strategi aplikasi dan konten digital, hubungi 3Motion di 3motion.co.id atau hello@3motion.id.

 

3motion.co.id

Beyond Creative

 

Share This Article